Search

Semarak Pemilu di Prancis, WNI Titipkan Asa Tinggi di Bilik Suara

Total ada 2.229 WNI di Prancis yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), serta 153 DPTb. Adapun yang masuk daftar pemilih khusus sebanyak 101 orang.

KBRI Paris membuka tiga TPS pada pemilu kali ini, semuanya di gedung KBRI, tapi di ruangan berbeda, yaitu Balai Budaya, Aula, dan Galeri Budaya.

"Pemilih ada yang datang langsung ke TPS, ada juga yang mencoblos melalui pos. Kalau lewat pos, kertas suara sudah kami kirim sejak 13 Maret," kata Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri Paris, Rudjimin.

Rudjimin mengatakan dibanding lima tahun lalu, antusiasme WNI di Prancis untuk terlibat di Pemilu lebih besar. Tahun lalu, WNI yang terdaftar di DPT hanya sekitar 700 orang. Adapun kini naik lebih daripada tiga kali lipat.

"Lima tahun lalu partisipasinya pemilih hanya 35 persen, tahun ini sepertinya lebih antusias. Salah satu penyebabnya karena adanya pencocokan data pemilu, sehingga prosesnya lebih detail," ujar Rudjimin.

Hari pencoblosan di Paris bukan hanya menjadi pesta demokrasi. Namun, WNI juga bisa melampiaskan kerinduan terhadap makanan Indonesia. Kantin KBRI menjual berbagai makanan khas Indonesia, yang langsung diserbu para WNI yang datang. Antrean masuk kantin tampak semarak.

"Tentu WNI yang datang juga rindu makanan Indonesia. Apalagi menu di kantin KBRI enak-enak," imbuh Rudjimin sembari tersenyum.

Reporter: Yus Mei Sawitri (Bola.com)

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2GcqQA2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semarak Pemilu di Prancis, WNI Titipkan Asa Tinggi di Bilik Suara"

Post a Comment

Powered by Blogger.