Search

Simpati dan Doa Pemimpin Dunia atas Kebakaran Katedral Notre Dame Paris

Liputan6.com, Paris - Para pemimpin dunia telah merespons insiden kebakaran Katedral Notre Dame dengan simpati dan doa untuk kota Paris.

Lewat Twitter, para pemimpin termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, presiden dan mantan presiden AS Donald Trump dan Barack Obama, serta PM Inggris Theresa May bersua menyatakan keprihatinannya atas situs bersejarah yang dilahap si jago merah pada Senin 15 April 2019 malam waktu lokal.

"Notre Dame de Paris terbakar. Kesedihan yang besar bagi seluruh bangsa. Simpati kami ditujukan kepada semua orang Katolik dan orang-orang Prancis. Seperti semua warga negara saya, saya sedih melihat bagian dari kita terbakar malam ini," tulis Macron seperti dikutip dari The Independent, Selasa (16/4/2019).

Trump juga berbagi simpatinya atas kebakaran katedral dan mendorong petugas pemadam kebakaran untuk "bertindak cepat".

"Sangat mengerikan untuk menyaksikan kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Paris," tulis presiden AS itu.

"Mungkin tanker air dari pesawat terbang bisa digunakan untuk memadamkannya. Harus bertindak cepat!" lanjutnya.

Mantan kandidat presiden AS Hillary Clinton juga menyatakan simpatinya dengan menulis di Twitter.

"Hati saya untuk Paris. Notre Dame adalah simbol dari kemampuan kita sebagai manusia untuk bersatu untuk tujuan yang lebih tinggi - untuk membangun ruang yang menakjubkan untuk beribadah yang tidak dapat dibangun oleh siapa pun oleh mereka sendiri," kata Clinton.

Ketika kebakaran berlanjut, mantan presiden AS Barack Obama memposting foto keluarganya kala mengunjungi katedral Notre Dame dan mengingatkan orang-orang bahwa sudah menjadi sifat kita untuk "membangun kembali".

Katedral Notre Dame Paris habis dilalap api pada Senin (15/4/2019) waktu setempat. (Fabien Barrau / AFP)

"Notre Dame adalah salah satu harta karun terbesar di dunia, dan kami memikirkan orang-orang Prancis di saat kesedihan Anda. Sudah menjadi sifat kita untuk berduka ketika kita melihat sejarah hilang - tetapi juga sifat kita untuk membangun kembali untuk besok, sekuat yang kita bisa," tulisnya.

PM Inggris Theresa May, dari akun Twitter Perdana Menteri Inggris, mengatakan: "Simpati saya untuk orang-orang Prancis malam ini dan layanan darurat yang memerangi kobaran api yang mengerikan di Katedral Notre Dame."

Sementara itu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan lewat twit, "Atas nama orang-orang Brasil, saya menyatakan penyesalan yang mendalam pada api mengerikan yang menimpa salah satu simbol terbesar dari spiritualitas dan budaya Kristen dan Barat, katedral Notre-Dame di Paris. Di saat yang suram ini, doa-doa kami bersama orang-orang Prancis."

Menanggapi insiden ini, Vatikan mengatakan "kaget dan sedih mendengar berita tentang kebakaran hebat yang menghancurkan Katedral Notre Dame de Paris, simbol agama Kristen, di Prancis dan di dunia."

"Kami menyatakan kedekatan kami dengan Katolik Prancis dan orang-orang Paris. Kami berdoa bagi para pemadam kebakaran dan bagi semua orang yang melakukan segala kemungkinan untuk menghadapi situasi dramatis ini," kata Vatikan.

Juga di antara mereka yang bersimpati atas kebakaran Notre Dame adalah selebritas, termasuk Dua Lipa, Cher, Idris Elba, Ellie Goulding, dan William Shatner, yang semuanya mengungkapkan kekecewaan dan kesedihan mereka atas kehancuran katedral.

Simak video pilihan berikut:

Kebakaran hebat melanda gereja Katedral Notre-Dame di Paris, Perancis. Kebakaran terlihat dari berbagai penjuru kota Paris, dan tidak menelan korban jiwa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2UDcl2v

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Simpati dan Doa Pemimpin Dunia atas Kebakaran Katedral Notre Dame Paris"

Post a Comment

Powered by Blogger.