Search

WNI di Jerman Mulai Mencoblos di Tempat Pemungutan Suara

Berlin - Warga Indonesia yang tinggal di Jerman pada Sabtu (13/4/2019) ramai-ramai mendatangi beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk menggunakan hak pilih mereka.

Di Jerman terdapat tiga PPLN yaitu di Hamburg, Berlin dan Stuttgart dengan wilayah kerja masing-masing. Warga Indonesia berhak mengikuti pemungutan suara sesuai tempat tinggal mereka.

Berdasarkan pengamatan tim Deutsche Welle, TPS di Berlin dibangun mulai pukul 05.00 pagi waktu setempat. Panitia terlihat menggotong kotak suara ke dalam gedung. Makanan juga mulai dipersiapkan. Ini adalah TPS terbesar di Eropa, sekitar 1.300 orang akan datang untuk mencoblos langsung, sementara untuk pemilihan lewat pos sudah ada 456 suara yang masuk.

Menjelang pukul 08.00 pagi, suasana di luar gedung sudah mulai ramai. Banyak warga Indonesia yang tinggal di wilayah sekitar Berlin berdatangan, terutama mahasiswa.

Setiap pemilih diberi alokasi waktu tertentu, jadi tidak bisa datang begitu saja. Di pintu dikontrol paspor dan surat C6, juga dicek benar atau tidak slot waktunya. Hingga pukul 11.00 waktu setempat sudah ada sekitar 500 orang datang untuk mencoblos. 

Salah seorang warga yang datang memilih adalah Winar Sunardi, 64, warga Indonesia yang sudah tinggal di Berlin sejak 1974. Di Jerman dia sudah mengikuti pemilu sekitar 5-6 kali.

"Saya masih warga negara Indonesia dan saya peduli tentang perkembangan di Indonesia yang kian membaik," ujar Winar kepada Deutsche Welle, Sabtu 13 April.

Meski memiliki keterbatasan mobilitas dan harus ditopang dengan tongkat ketika berjalan, Winar mengaku sengaja datang memilih langsung di TPS dan bukannya melalui pos karena menyukai suasana di TPS.

"Saya senang kumpul dengan adik-adik dan melihat persiapan yang baik," ujarnya. Winar juga mengingatkan bahwa tidak semua negara memberikan hak bersuara seperti ini kepada wwarganya. Karenanya ia ingin menggunakan kesempatan itu sebaik mungkin.

Rudi Hardiman yang telah tinggal di Jerman sejak 1984 juga berperan menjadi saksi pemilu tahun ini.

"Kebetulan saya punya rasa idealisme, mencoba memberikan sedikit kontribusi untuk tanah air. Moga-moga dengan adanya demokrasi kita bisa menemukan kepala negara yang lebih ideal, yang lebih memperhatikan rakyatnya," ujar Rudi kepada Deutsche Welle.

Sementara di Hamburg, suasana di TPS juga terlihat ramai didatangi warga yang ingin mencoblos secara langsung.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2KAKuv3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WNI di Jerman Mulai Mencoblos di Tempat Pemungutan Suara"

Post a Comment

Powered by Blogger.