Search

Ingin Kuasai Pelayaran Kutub Utara, Rusia Rilis Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir

Liputan6.com, St Petersburg - Sabtu pekan lalu, Rusia meluncurkan sebuah kapal pemecah es bertenaga nuklir, yang disebut oleh banyak pengamat, sebagai bagian dari progam ambisius dalam memanfaatkan potensi komersial Arktik.

Kapal produksi galangan nasional di St Petersburg itu diberi nama Ural, dan akan menjadi bagian dari trio pemecah es terbesar dan paling kuat di dunia, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Senin (27/5/2019).

Selain itu, Rusia juga dikabarkan sedang membangun beberapa infrastruktur baru dan merombak pelabuhannya, di tengah siklus iklim yang lebih hangat.

Dalam satu dekade terakhir, Rusia menyiapkan lebih banyak lalu lintas di Laut Arktik, yang disebutnya sebagai Rute Laut Utara (NSR), dan diperkirakan bisa dilayari sepanjang tahun.

Ural akan diserahkan kepada perusahaan energi nuklir milik negara Rusia Rosatom pada 2022 mendatang, setelah dua pemecah es lainnya dalam seri yang sama, Arktika (Arktik) dan Sibir (Siberia), selesai diproduksi.

"Ural bersama dengan para 'saudaranya' adalah pusat dari proyek strategis kami untuk membuat NSR terbuka sepanjang tahun," kata Alexey Likhachev, kepala eksekutif Rosatom.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2K4uwYg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Kuasai Pelayaran Kutub Utara, Rusia Rilis Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir"

Post a Comment

Powered by Blogger.