Search

5 Hujan Meteor Ini Menyuguhkan Pemandangan Langit yang Menakjubkan pada Akhir 2018

Liputan6.com, Jakarta - Musim gugur adalah musimnya hujan meteor di belahan Bumi utara. Orang-orang yang hidup di wilayah ini dapat dengan mudah menyaksikan apa yang umum dikenal sebagai bintang jatuh, bahkan dengan mata telanjang.

Menurut situs web accuweather.com yang dikutip pada Senin (22/10/2018), ada banyak hujan meteor yang akan bersinar terang di langit malam Bumi pada Oktober hingga Desember 2018, dengan intensitas kecil hingga menengah dan berwana-warni.

Menurut astronom, hujan meteor terjadi ketika Bumi melewati jejak puing-puing yang ditinggalkan oleh komet. Sebagian besar pecahan ini terbakar ketika memasuki atmosfer planet.

Sementara itu, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Atariksa LAPAN, Emanuel Sungging Mumpuni, menyebut bahwa penduduk Indonesia bisa menyaksikan langsung fenomena alam ini di mana pun mereka berada, dengan catatan: tempat untuk menonton hujan meteor harus yang gelap, jauh dari lampu kota dan bebas polusi.

"Iya betul, karena terjadi sangat singkat dan redup, sehingga perlu tempat yang gelap (dan tak berawan)," katanya ketika dihubungi Liputan6.com.

"Cukup tempat duduk yang nyaman, minuman hangat dan kalau memungkinkan kamera yang bisa merekam terus menerus untuk dokumentasi," lanjutnya, saat menegeaskan bahwa seseorang tidak memerlukan peralatan khusus, seperti teleskop, untuk menyaksikan hujan meteor akhir tahun ini.

Bila ingin menikmati pemandangan langit menakjubkan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan Interactive Meteor Show Sky Map yang disediakan oleh Timeanddate.com.

Berikut 5 hujan meteor yang bisa disaksikan dengan jelas di langit malam Bumi pada Oktober hingga Desember 2018.

Saksian video pilihan berikut ini:

Hujan meteor Perseid akan kembali menyambangi Bumi pada akhir pekan ini, 11-12 Agustus 2018. Peristiwa alam langka tersebut tentu rasanya tidak bisa dilewatkan begitu saja, apalagi bagi kamu yang sangat menyukai fenomena alam luar angkasa.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2R3Bop1

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Hujan Meteor Ini Menyuguhkan Pemandangan Langit yang Menakjubkan pada Akhir 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.