Search

Cerita Santri Nakal Dikutuk Jadi Monyet

Soal benar tidaknya legenda ini, ada pesan mulia di balik legenda santri yang dikutuk menjadi monyet: yang membedakan manusia dengan hewan adalah perilakunya. Jika manusia tak memiliki kemanusiaan, akal dan hati, maka ia tak beda dengan monyet.

Perilaku ratusan monyet yang nakal, iseng dan susah diatur pun kerap dirasakan oleh peziarah atau wisatawan yang berkunjung ke kompleks Masjid Saka Tunggal. Seringkali, barang-barang mereka dijambret.

Penduduk setempat pun kerap dibuat repot oleh ulah monnyet yang menyerbu perumahan. Memorakporandakan genteng, mencuri makanan, dan menyerbu kebun penduduk. Biasanya, serbuan kawanan moyet menjadi-jadi pada musim kemarau.

Warga Cikakak, Karsini mengatakan kawanan monyet ini bahkan bisa membuka jendela tak terkunci dan masuk mengambil apa saja yang ada di rumah. Kawanan kera juga kerap masuk ke warung untuk mengambil makanan apa saja.

“Mengganggu, wong kalau ada orangnya saja melompat ambil sayuran dan apa saja. Ya ada juga kacang dan goreng-gorengan juga diambil,” Karsini menuturkan.

Kawanan monyet juga menyerang lahan pertanian warga. Petani sekitar hutan Cikakak hampir tidak pernah bisa memanen pisang, kelapa, rambutan dan sejumlah komoditi pertanian lain.

Monyet adalah analogi keserakahan hewan yang tak terkekang. Manusia, mestinya bisa mengekang hawa nafsu, dengan akal sehat dan hati nuraninya. Otak dan hati mesti seimbang agar manusia tak kehilangan kemanusiaannya.

"Monyet cerminan perilaku yang harus kita kekang,” kata Kiai Sulam, juru kunci Masjid Saka Tunggal, ketika ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Sulam menyebut ada lima kelompok monyet di yang hidup hutan sekitar Masjid Saka Tunggal. Lima kelompok itu cenderung tetap, dengan populasi sekitar 200 ekor.

Meski nakal, keberadaan monyet ini sudah dimaklumi oleh warga sekitar. Mereka tak segan memberi makanan sisa.

Mereka pun tak pernah bertindak buruk kepada monyet. Bangsa monyet telah menjadi bagian hidup sehari-hari warga Cikakak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CBSE0q

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Santri Nakal Dikutuk Jadi Monyet"

Post a Comment

Powered by Blogger.