Search

Kesalahan Pilot... 5 Hal yang Diklaim Paling Sering Picu Kecelakaan Pesawat

Cuaca buruk menyumbang sekitar 10 persen dari penyebab kecelakaan pesawat. Meskipun sejumlah besar alat bantu elektronik seperti kompas giroskopik, navigasi satelit dan bahkan pembaca data cuaca otomatis, pesawat masih berkemungkinan terjebak oleh hantaman badai, salju, dan kabut.

Pada bulan Desember 2005, Southwest Airlines dengan nomor penerbangan 1248, terbang dari Bandara Internasional Baltimore-Washington ke Bandara Internasional Chicago Midway, berusaha mendarat di badai salju. Pesawat itu tergelincir dari landasan pacu dan menabrak pagar pembatas, membunuh seorang penumpang balita.

Salah satu insiden cuaca buruk yang paling terkenal terjadi pada Februari 1958, ketika pesawat penumpang bermesin ganda milik maskapai British Airways jatuh saat berusaha lepas landas dari Bandara Munich-Riem.

Banyak dari 23 korban tewas di kecelakaan nahas itu adalah pemain dan kru tim sepak bola Manchester United.

Penyidik ​​menetapkan bahwa pesawat telah diperlambat ke tingkat tertentu oleh sumbatan lumpur --akibat hujan badai sebelumnya-- yang memicu gagal mencapai kecepatan take-off.

Menariknya, para ilmuwan sepakat --berdasarkan analisis data lapangan-- bahwa petir bukanlah ancaman terbesar pemicu kecelakaan. Hal ini dikarenakan pesawat telah dirancanhg sedemikian rupa untuk menghantarkan listrik ke seluruh badannya, dengan tujuan melemahkan bahaya arus listrik terhadap navigasi penerbangan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2AwMXiX

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kesalahan Pilot... 5 Hal yang Diklaim Paling Sering Picu Kecelakaan Pesawat"

Post a Comment

Powered by Blogger.