Search

20-12-1995: Keajaiban Terjadi Saat Pesawat American Airlines 965 Menabrak Gunung

Berdasarkan penyelidikan dan eksaminasi data dari instrumen perekam penerbangan atau kotak hitam pesawat, penyelidik AS dan Kolombia cenderung mengenyampingkan kegagalan peralatan dan sabotase sebagai penyebab kecelakaan. Cuaca kala itu juga tak bermasalah.

Mereka lalu fokus pada kesalahan manusia atau human error, baik di pihak awak pesawat maupun pengendali lalu lintas udara. Meski, yang mengemudikan pesawat adalah pilot veteran yang paham benar dengan medan di sepanjang rute.

Boeing 757 itu dijadwalkan tiba di Cali pada pukul 21.45 dan hilang kontak lima menit sebelum jadwal kedatangannya. Jaraknya kala itu hanya 37 mil dari kota tujuan. Diduga, kapal terbang tersebut menyimpang dari jalur penerbangan. 

"Yang kami tahu sangat sedikit," kata pimpinan American Airlines saat itu, Robert Crandall seperti dikutip dari CNN.

Ia menambahkan, lokasi kecelakaan telah ditetapkan sebagai 'zona merah' karena aktivitas gerilyawan di sana. Namun, pihak maskapai tak mendapatkan peringatan apapun soal potensi bagi penerbangan sipil terkait itu.

Pihak maskapai mengatakan, kapal terbang, yang ditenagai mesin Rolls-Royce dikirim pada Agustus 1991.

Pesawat tersebut pernah menjalani pemeriksaan pemeliharaan yang ekstensif pada bulan Januari.

Sementara itu, di Miami, Florida, pihak FBI mengungkapkan sebuah surat kaleng dikirim lewat fax ke kantor The Miami Herald dan The New York Times. Isinya adalah peringatan soal serangan bom terhadap penerbangan dari Venezuela dan Kolombia.

Juru bicara FBI Paul Miller mengatakan, tak ada alasan mengaitkan surat tersebut dengan kecelakaan American Airlines Penerbangan 965. 

Namun, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengirim tim investigasi, termasuk seorang ahli ledakan dan kebakaran, ke lokasi kejadian.

Sementara itu, markas Boeing di Seattle mengatakan, pihaknya telah mengirim tim teknisi untuk membantu menyelidiki kecelakaan itu.

Juru bicara Boeing, Liz Verdier mengatakan, itu adalah kecelakaan pertama yang melibatkan mesin kembar 757, yang baru digunakan dalam layanan maskapai komersial sejak tahun 1983.

Tak hanya kecelakaan American Airlines Penerbangan 965 yang terjadi pada 20 Desember, sejumlah peristiwa juga terjadi pada hari itu.

Pada 1917, Felix Edmundovich Dzerzhinsky mendirikan Cheka, kelompok kepolisian rahasia Soviet yang pertama.

Sementara, pada 1949, Kabinet dan Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat dilantik. Dan, pada 20 Desember 1999, Makau resmi dikembalikan oleh Portugal kepada Tiongkok.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Tim penyelidik internasional mempublikasikan foto komponen rudal Buk yang ditemukan di lokasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina Timur.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2A4Zhqk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "20-12-1995: Keajaiban Terjadi Saat Pesawat American Airlines 965 Menabrak Gunung"

Post a Comment

Powered by Blogger.