Search

Indahnya Toleransi, Ada Makam Warga Nasrani di Tengah-Tengah Pemakaman Muslim

Liputan6.com, Yogyakarta - Media sosial kembali dibuat ramai. Kali ini soal nisan salib di makam Albertus Slamet Sugihardi yang harus dipotong menjadi huruf T. Sontak peristiwa ini langsung menjadi buah bibir dan banyak di-repost. Padahal faktanya tidak seheboh informasi yang berseliweran media sosial.

Awalnya Albertus Slamet Sugihardi yang merupakan warga RT 53 RW 13, Kelurahan Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta. Dirinya meninggal dunia pada Senin (17/12) sekitar pukul 08.00 di RS PKU Muhammadiyah. Almarhum Slamet, sapaan akrabnya, dimakamkan di pemakaman Jambon, Purbayan sekitar pukul 13.00 WIB.

Bedjo, tokoh masyarakat setempat bersama warga menolak makam Slamet menggunakan simbol agama, mengingat makam tersebut merupakan makam blok muslim. Bedjo dan warga setempat tidak menolak pemakaman tersebut, hanya saja dengan sejumlah syarat, salah satunya adalah tanpa menggunakan simbol agama.

"Dibolehkan dimakamkan di sana dengan syarat. Syaratnya tidak boleh ada simbol-simbol Nasrani dan makam berada di pinggir area," ujar Bedjo.

Bedjo membantah jika masyarakat Purbayan dituding intoleran. Bedjo mencontohkan jika warga sekitar turut membantu proses pemakaman. Selain itu warga juga melayat ke rumah duka.

Ketua RW 13, Kelurahan Purbayan, Kotagede, Slamet Riyadi menerangkan jika dalam prosesi pemakaman, warga di wilayah tempat tinggal almarhum pun turut membantu. Bantuan yang diberikan di antaranya dengan meminjami sound system, ikut mendirikan tenda untuk pelayat bahkan juga ikut membantu kelancaran prosesi pemakaman.

Dirinya pun menjabarkan, saat keluarga tengah berada di RS PKU Muhammadiyah untuk mengurus jenazah Albertus Slamet Sugihardi, warga justru sudah di rumah duka dan mempersiapkan keperluan pemakaman.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2S9sGGO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indahnya Toleransi, Ada Makam Warga Nasrani di Tengah-Tengah Pemakaman Muslim"

Post a Comment

Powered by Blogger.