Search

Aksi Perawat Cantik di Tengah Teror Bom Saat Pencoblosan Pilpres 2019

Liputan6.com, Garut - Puluhan orang yang tengah menunggu giliran nyoblos, langsung buyar saat bom low explosive meledak dekat tempat pemungutan suara (TPS) di Kampus Unpad kelas jauh Garut, Jawa Barat. Puluhan orang luka bahkan empat di antaranya meninggal dunia.

Puluhan petugas keamanan yang berjaga langsung menyeterilkan keadaan, sementara para perawat di kampus Unpad yang tengah melakukan studi, langsung melakukan pertolongan pertama bagi korban. Kondisi cukup mencekam yang membutuhkan penanggulangan semua pihak.

Tapi kejadian itu merupakan buatan yang dilakukan KPUD Garut, polisi, dan warga kampus fakultas kesehatan Unpad Garut, dalam penyelamatan warga, saat pelaksanaan pemilu dan diteror bom.

Puput Fitiriani KH, Koordinator kegiatan itu mengatakan, simulasi penanggulan korban saat pelaksanaan pencoblosan Pileg dan Pilpres perlu dilakukan, sebagai upaya kehati-hatian, menghadapi pesta demokrasi pada 17 April nanti.

"Jadi kita diajarkan untuk melakukan reaksi cepat ketika terjadi bencana, salah satunya bencana terjadinya bom," ujarnya, Senin (11/3/2019).

Dengan upaya itu, mampu mengetahui bagaimana strategi menyelamatkan korban, termasuk upaya perawat dalam meminimalkan risiko banyaknya korban yang jatuh akibat serangan bom tersebut.

Etika Emaliyawati, perwakilan Departeman Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis Fakultas Keperawatan Unpad Garut menambahkan, selain ancaman terjadinya kerusuhan saat Pilpres berlangsung, Garut merupakan daerah rawan bencana.

Dalam mata kuliah Keperawatan Bencana yang diberikan pihak kampus, terdapat simulasi penanganan bencana.

'Namun simulasi saat ini dalam penanganan bencana sosial kaitannya dengan ancaman bom," ujar dia.

Dengan simulasi tersebut diharapkan memberikan gambaran bagi mahasiswa dan masyarakat secara luas, untuk menyelematkan diri termasuk memberikan pertolongan bagi orang lain.  

"Sekarang dengan adanya pemilu bukan tidak mungkin akan adanya bencana seperti itu (ledakan bom)," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2CgFBAN

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aksi Perawat Cantik di Tengah Teror Bom Saat Pencoblosan Pilpres 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.