Search

Kisah Pemburu Harta Karun, Proyek Tol dan Terancamnya Jejak Majapahit

Liputan6.com, Malang - Muhammad Arifin dan beberapa warga Desa Sekarpuro, Kabupaten Malang, Jawa Timur, punya aktivitas terselubung sejak lebih dari empat bulan lalu. Yaitu ‘berburu harta karun’ peninggalan zaman keemasan Majapahit yang terpendam di sekitar desa mereka.

Di desa itu juga baru saja ditemukan reruntuhan bangunan berbahan batu bata kuno era Majapahit. Lokasi penemuan masuk area proyek Jalan Tol Malang – Pandaan di kilometer 37. Dibumbui informasi tentang keberadaan berbagai harta benda di sekitarnya.

Alhasil perburuan gelap benda arkeologis itu tidak lagi diam–diam, bahkan semakin meluas sebulan terakhir ini. Tak hanya dilakukan Muhammad Arifin dan penduduk setempat. Warga luar pun mulai berdatangan dengan tujuan serupa, menjarah benda bernilai sejarah tinggi.

"Kemarin di lokasi penemuan batu bata kuno itu ada orang bilang soal harta. Saya diam saja karena sudah pernah dapat," kata Muhammad Arifin di Malang, Minggu, 10 Maret 2019.

Ia dan beberapa rekannya sudah menemukan berbagai artefak sejak proyek jalan tol yang masuk wilayah desa mulai digarap. Temuan itu berupa perhiasan, koin kuno Tiongkok, pecahan gerabah dan keramik, potongan keris, bokor, kaca benggala dan lain sebagainya.

Karena itu pula, para penadah barang antik dari wilayah Malang maupun luar daerah ikut turun gelanggang ke desa ini. Menawar untuk membeli berbagai benda kuno hasil pencarian penduduk. Perhiasan temuan seseorang pernah dibeli senilai lebih dari Rp 20 juta.

"Ada juga tetangga saya menjual setumpuk koin kuno dan pecahan logam ke tukang loak seharga Rp 450 ribu," tutur Arifin.

Ia sendiri mengaku tak pernah menjual benda peninggalan zaman Majapahit itu. Misalnya temuannya sebutir perhiasan emas pernah dicek ke toko emas. Perhiasan seberat 4 gram berkadar emas 90 persen itu ditawar Rp 4 juta.

"Ke toko hanya ingin tahu, tetap saya simpan untuk koleksi. Selama ini tidak pernah ada yang saya jual," katanya. 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2UxSTQs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Pemburu Harta Karun, Proyek Tol dan Terancamnya Jejak Majapahit"

Post a Comment

Powered by Blogger.