Search

Bukan Napas Api bak Naga, Hewan Ini Punya 'Senjata' yang Tak Kalah Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta - Naga adalah makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Ia biasanya dimunculkan dalam berbagai perayaan kebudayaan.

Umumnya, seekor naga digambarkan sebagai wujud dari ular besar, namun ada pula yang mendeskripsikannya sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat mengembuskan napas api.

Tetapi meskipun literatur sejarah dan modern terkait naga amat banyak, tidak ditemukan bukti fisik yang menyimpulkan bahwa makhluk legendaris ini ada.

Selain itu, tidak ada makhluk hidup di Bumi yang bisa menyemburkan api dari mulutnya, seperti naga. Meski demikian, tahukah Anda bahwa ada beberapa hewan yang mampu memuntahkan asap, racun, dan kotoran berbahaya dari tubuh mereka?

Bahkan ada karnivor yang dapat menyebarkan api, sehingga mereka bisa mendapatkan mangsa incarannya dengan gampang.

"Tidak ada binatang yang tahan atau kebal api," kata Rachel Keeffe, seorang mahasiswa doktoral yang mempelajari reptil dan amfibi di University of Florida, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Ada satwa yang dapat menahan suhu super tinggi seperti ventilasi hidrotermal --retakan di permukaan planet yang secara geotermal memanaskan perairan. Cacing tertentu contohnya, bisa hidup di lingkungan super panas, tetapi bukan api," imbuhnya, sebagaimana dilansir dari Live Science, Minggu (14/4/2019).

Ambil perumpaan, ular kobra penyembur --spesies kobra yang dapat menyemburkan racun dari taring mereka ketika mempertahankan diri.

Kalajengking afrotropical dalam genus Parabuthus, juga dapat menyemprotkan bisa yang sangat mematikan.

Selain itu, ada pula tokek Strophurus yang mampu 'menembakkan' goo (zat lengket atau berlendir) dengan bau tidak sedap dari ekornya untuk menakuti predator.

"Itu tidak beracun atau apa pun, hanya kotoran saja," imbuh Keeffe, yang ikut menulis dan mengilustrasikan buku The Anthropology of Dragons: A Global Perspective.

Hewan liar lain yang punya pertahanan dari bokong mereka antara lain sigung (Mephitidae) dan kumbang pengebom (Pheropsophus jessoensis), yang mengeluarkan kentut berupa bahan kimia beracun ketika terancam.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2KC7ppY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukan Napas Api bak Naga, Hewan Ini Punya 'Senjata' yang Tak Kalah Berbahaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.