Search

Capres Petahana Ukraina Debat Pilpres dengan Podium Kosong

Liputan6.com, Kiev - Calon presiden petahana Ukraina Petro Poroshenko berdebat dengan podium kosong, gara-gara saingannya Volodymyr Zelensky - bintang TV dan komedian - gagal tampil.

Menurut laporan BBC, Senin (15/4/2019), Poroshenko yang merupakan presiden Ukraina saat ini, debat pilpres dengan podium kosong seorang diri di depan ribuan orang di ibu kota Olympic Stadium, Kiev.

Sejatinya kedua pria itu telah menyetujui debat pilpres yang disiarkan televisi ini pekan lalu, tetapi mereka gagal menyepakati tanggal yang akan dilangsungkan. Meski Zelensky sempat menyatakan lebih menyukai hari Jumat yang akan datang ini, dua hari sebelum mereka saling berhadapan dalam pemilihan putaran kedua.

Poroshenko, yang berada di bawah saingannya setelah memenangkan selisih 16% suara putaran pertama, tampaknya sekarang berharap bisa memanfaatkan kegagalan Zelensky muncul di Stadion Olympiyskiy Kiev dengan tampil di televisi.

Menurut koresponden BBC di Kiev Jonah Fisher, mantan pengusaha itu menginginkan debat untuk mengungkap fakta lawannya - yang tidak memiliki pengalaman politik - tidak pernah benar-benar mengartikulasikan visi politik atau ide-idenya tunduk pada pengawasan.

Dalam debat pilpres tersebut, sang petahana akhirnya menggunakan waktu tunggu selama 45 menit di podium untuk menjawab pertanyaan wartawan, dan menyerang lawannya yang absen.

Poroshenko, yang menurut para kritikus tidak cukup berbuat untuk memerangi isu-isu seperti korupsi di negara Eropa Timur, menjuluki kampanye pemilu sebagai "film bisu", dan menuduh Zelensky takut.

"Jika dia bersembunyi dari orang-orang lagi, jika dia takut, kita akan mengundangnya lagi. Kami akan mengundangnya setiap hari ke setiap pertunjukan langsung untuk seluruh negara untuk melihat siapa yang akan dipilih untuk lima tahun ke depan," katanya kepada kerumunan dan kamera televisi pada saat kedatangannya.

Zelenksy sejauh ini mengabaikan aturan umum seputar kampanye, tidak melakukan aksi unjuk rasa dan memberikan beberapa wawancara - ia lebih suka berkomunikasi melalui media sosial.

Sejauh ini juga tidak jelas apa pandangan politiknya, terlepas dari keinginan untuk menjadi pemimpin Ukraina baru dan berbeda.

Meskipun demikian, pelawak ini menyelesaikan putaran pertama dengan pasti dan memimpin, meraih lebih dari 30% suara, dan masih menjadi favorit sehingga meki peluang memenangkan pemungutan suara akhir pekan depan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2Ik5lRq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Capres Petahana Ukraina Debat Pilpres dengan Podium Kosong"

Post a Comment

Powered by Blogger.