Search

Melihat Langsung Proses Pembuatan Lemang di Serambi Makkah

Lemang-lemang ini nantinya disajikan dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu. Bisa disantap langsung atau dicelup dengan saus, misal, saus durian.

Baunya harum dan menggugah selera. Sementara rasanya gurih dan legit, namun, disarankan agar tidak terlalu banyak memakannya, karena bisa membuat enek.

Di Aceh, lemang terkadang dipadukan dengan perasan air tebu dingin, minuman saat berbuka puasa. Selain itu, lemang nikmat juga disantap dengan kuah gulai.

Penganan satu ini mudah ditemukan di dalam puasa. Biasanya muncul penjual lemang musiman pada bulan suci.

Harga Bervariasi

Seorang penjual lemang yang menjajakan dagangan di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh menyebut bahwa harga lemang bervariasi, tergantung ukuran buluh.

"Yang ini Rp15 ribu. Dan yang besar itu seharga Rp20 ribu," tunjuknya, Sabtu (25/5/2019).

Adakalanya, lemang dimasak dengan bahan seperti ubi. Namun, umumnya lemang berbahan pulut putih atau hitam, serta dijual dengan harga yang bervariasi pula, hingga Rp100 per buluh, dan Rp5000 jika dibeli per potong.

Menurut berbagai sumber, lemang merupakan sajian khas Bangsa Melayu yang tersebar luas di Asia Tenggara, khususnya Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lemang adalah makanan khas tradisional di Kota Pontianak yang biasanya muncul di bulan Ramadan. Lemang sendiri merupakan kombinasi ketan putih yang siram dengan santan kelapa, dan dicampur dengan kacang merah.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2W37xEj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melihat Langsung Proses Pembuatan Lemang di Serambi Makkah"

Post a Comment

Powered by Blogger.