Search

Global Warming Tak Ancam 5 Hewan Ini, Justru Picu Semakin Berkembang Biak

Pada tahun 2008, Jeffry Mitton dan Scott Ferrenberg mengamati pohon-pohon pinus yang ditemukan di Niwot Ridge di Colorado. Saat mendaki hutan pada pertengahan Juni, mereka menemukan sesuatu yang aneh, yaitu segerombolan kumbang pinus dewasa.

Mitton, yang merupakan ahli genetika evolusi dari University of Colorado, menemukan fenomena ini aneh, karena serangga seharusnya keluar pada bulan Agustus atau September, bukan Juni.

Mitton berbagi pengamatan ini kepada rekan-rekannya, tetapi mereka segera menolak klaimnya. Bersama dengan Ferrenberg, yang merupakan mahasiswa pascasarjana pada waktu itu, Mitton menghabiskan musim panas tahun 2009 dan 2010 untuk mempelajari perkembangan kumbang pinus.

Selama studi mereka, kedua peneliti menemukan bahwa awalnya, kumbang akan berkembang secara normal. Namun, sesuatu yang luar biasa kemudian akan terjadi: Kutu akan mencapai kedewasaan dengan sangat cepat.

Pada bulan Juni, larva telah bermetamorfosis menjadi dewasa dan muncul dari pepohonan. Yang lebih menarik adalah bahwa kumbang yang muncul di bulan Juni akan segera bertelur di pohon pinus di dekatnya.

Akibatnya, pada bulan Agustus atau September, akan ada generasi lain dari kumbang pinus.

Temuan ini sangat luar biasa, karena kumbang pinus diketahui hanya bereproduksi satu kali setahun. Penelitian Mitton dan Ferrenberg menunjukkan bahwa perubahan iklim adalah faktor di balik "ledakan bayi kumbang" yang aneh ini. Suhu yang meningkat memungkinkan serangga ini "menghasilkan generasi tambahan" setiap tahun.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Internasional, Sains, Feature, Kisah Inspiratif, Unik, dan Menarik Liputan6 kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xM8i6j

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Global Warming Tak Ancam 5 Hewan Ini, Justru Picu Semakin Berkembang Biak"

Post a Comment

Powered by Blogger.