Search

Perolehan Suara Jokowi dan Prabowo Turun dalam Coblos Ulang di Purbalingga

"PSU itu maksimal 10 hari. Hari ini adalah hari terakhir," jelas Zamzam.

Zamzam mengatakan, secara umum pelaksanaan PSU di TPS 05 Tangkisan ini lancar. Akan tetapi, terjadi penurunan partisipasi penggunaan hak suara.

Dalam pencoblosan 17 April 2019 lalu, dari 294 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu yang menggunakan hak suara adalah 163 pemilih. Akan tetapi, partisipasi dalam PSU ini menurun hanya menjadi 146 orang saja atau turun sebanyak 17 pemilih.

Dia menjelaskan, penurunan partisipasi disebabkan karena banyak pemilih yang sudah kembali ke kota. Penduduk di desa ini memang banyak yang merantau ke kota besar.

"Mereka sudah kembali ke kota," ujarnya.

Meski begitu, Zamzam mengklaim jumlah partisipasi sangat tinggi jika dilihat dari jumlah formulir C6 atau undangan yang tersebar. Dalam PSU kali ini, undangan pemilu hanya terkirim kepada 150 orang.

"Kalau melihat dari C6 yang diterimakan, maka partisipasi pemilih mencapai sekitar 97 persen," ujarnya.

Hasil penghitungan suara pemungutan suara ulang, Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf menang telak atas Paslon 02 Prabowo-Sandi, dengan perolehan 126 suara berbanding 17 suara. Tiga suara tisak sah.

Sebelumnya, dalam pemungutan suara 17 April 2019 lalu, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 132 suara berbanding 31 suara untuk Prabowo Sandi. Saat itu, empat suara tidak sah.

Dengan demikian perolehan suara Jokowi-Ma’ruf turun sebanyak 6 suara, adapun suara Prabowo turun sebanyak 14 suara. Pendukung kedua paslon memang sudah banyak kembali ke kota dan tak lagi menggunakan hak pilihnya dalam PSU.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Viral Polisi Antar Nenek yang Kesasar Saat Menuju TPS di Kebumen

Let's block ads! (Why?)

from Berita Daerah dan Peristiwa Regional Indonesia Terbaru kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2LmQdVV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perolehan Suara Jokowi dan Prabowo Turun dalam Coblos Ulang di Purbalingga"

Post a Comment

Powered by Blogger.